Rabu, 02 Juni 2021

# Review

Wisata Baru di Juni 2021

 


tantrileo.com,-Bagiku, semua bulan begitu spesial. Tak kalah spesialnya dirimu di hati ini, eaaaa.

Kali ini aku ingin mereview salah satu tempat wisata yang recommended di Jember. Semua bermula di pagi pertama bulan Juni 2021. Kuwakili syukur dari ratusan hari yang lalu di hari ini. Setiap bulan memberi kesan dan spesial bagiku. Segala luka, kegagalan, dan ketidaktercapaian menjadi pelecut untuk bangkit semangat meraih. Harapannya selalu sama di setiap pergantian waktu, hari, bulan, dan tahun. Semakin dihadirkan banyak cinta di setiap waktu, salah satunya bulan Juni ini!

Mengawali hari pertama di Juni 2021 ini, kalender begitu baik pada kami semua. Di awal bulan ini bertepatan dengan hari libur nasional memperingati Hari Lahir Pancasila. Sejak pandemi hadir, kami sekeluarga pun membatasi kegiatan-kegiatan di luar rumah yang dianggap kurang begitu penting atau kebutuhan yang sifatnya hiburan. Sengaja kami batasi bahkan kurangi, karena masih belum merasa nyaman dengan kondisi saat ini. Kebutuhan hiburan itu seperti berlibur misalnya. Kami menganggap rumah masih menjadi tempat terbaik saat ini. Setahun telah berlalu, sejak Februari di tahun lalu Indonesia dinyatakan menjadi salah satu negara yang terkena wabah corona. Saat itu pula semuanya menjadi berubah. Salah satunya, kegiatan kami dalam bersekolah, semua kegiatan dilakukan dengan PJJ dan WFH.

Meski kondisi saat ini sedikit berubah dan new normal, “berusaha berdamai dengan alam,” ibaratnya. Pembelajaran tatap muka memang masih belum serempak dilakukan di semua sekolah, hanya sekolah-sekolah tertentu saja yang dianggap sudah zona hijau dan aman. Aspek lain pun sudah mulai bangkit dan melakukan kegiatan seperti biasanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Wisata Baru Menawan Hati

Tempat-tempat umum yang sudah aktif beroperasi antara lain, mal, gedung bioskop, pertokoan, café, tempat wisata dan lainnya. Banyak tempat-tempat hiburan baru yang bermunculan, salah satunya yakni tempat wisata. Biasanya jika ada yang baru maka yang lama diabaikan. Kalimat tersebut sering dilakukan oleh beberapa orang. Namun, semoga saja aku dan kamu ya? Nah, lalu kaitannya apa sih dengan sesuatu yang baru?

Jadi begini Kawan, setelah sekian purnama tidak menginjakkan kaki ke tempat wisata, di awal Juni ini sebagai salah satu pengobat rindu dan refreshing kami sekeluarga. Finally, kuajaklah anak-anak ke tempat wisata baru yang berada di kota Jember. Tempat wisata tersebut masih terletak di seputar pusat kota Jember, bernama Jember Mini Zoo.

Saat ini, masyarakat Jember tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar kota untuk berlibur ke kebun binatang. Sebab, Jember Mini Zoo sedang naik daun digandrungi oleh pengunjung untuk berwisata. Mengingat kehadirannya belum genap sebulan, tepatnya dibuka sejak H+2 Lebaran kemarin. Meski terbilang masih zona oranye, akan tetapi pihak terkait sudah menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) dan dengan konsep wisata terbuka juga Family Care. Lokasi wisata seluas kurang lebih 3 hektare itu berada di wilayah Kecamatan Kaliwates.

Jika dideskripsikan, wisata ini menerapkan one gate system (satu pintu). Artinya pengunjung mengikuti jalur yang ada, sudah diatur rute dan masing-masing titik, lalu penyediaan tempat cuci tangan yang terlihat di beberapa titik. Kemudian tampak petugas pun ketat mengingatkan terkait social distancing dan wajib menggunakan masker, jika tidak menggunakan masker maka dilarang masuk area.

Sesuai namanya, wisata ini menawarkan beragam jenis satwa yang bisa dijadikan obat refreshing sebagai pelepas lelah selama berkegiatan di awal pekan. Karakteristik tempat wisata ini berbeda dengan tempat wisata lainnya. Bisa dikatakan paket komplit lah yang disediakan di tempat wisata ini. Pasalnya, pengunjung tidak hanya dapat menyaksikan hewan-hewan yang jarang dijumpai, tapi pengunjung di kebun binatang mini ini juga mendapatkan edukasi melalui pemandu atau petugas yang menjelaskan tentang spesies hewan yang ada.

Binatang yang terdapat di tempat wisata ini juga cukup beragam di antaranya, burung unta (Struthio carnelus), kuda poni (Equus ferus caballus), kura-kura sulcata (Centrachelys sulcata), rusa tutul atau rusa totol (Axis axis), burung merak biru atau merak India (Pavo cristatus), sapi perah, dan lainnya.

 

Keunikan Si Menawan Hati

Setiap tempat pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. Baik hal yang berbeda dari yang lain dan membuat pengunjung berkesan. Uniknya, di wisata mini ini pengunjung diperbolehkan berinteraksi langsung dengan beberapa satwa jinak sambil memberi makan, seperti kelinci dan sapi. Di tempat wisata ini juga terdapat taman kelinci yang dikhususkan berbagai jenis kelinci dilengkapi dengan fasilitas rumah-rumah dan lubang-lubang persembunyian kelinci yang terhampar luas di rerumputan hijau. Dengan leluasa pengunjung pun bisa bebas masuk di taman kelinci tersebut sambil menemani buah hati bermain bersama kelinci, memberi makan kelinci, dan berswafoto. Dijamin bakalan seru banget Kawan!

Jika mulai merasa jenuh, pengunjung juga dapat menjelajahi beberapa lokasi di Jember Mini Zoo untuk berswafoto. Tentu saja, banyak lokasi-lokasi atau spot foto yang bisa dijadikan pilihan untuk berswafoto sendirian atau bersama keluarga (yang pasti bukan dengan saya ya, karena jauh, hehehe). Nah, tentu saja koleksi foto-foto di kebun binatang terbaru di Kabupaten Jember yang keren abis ini, nantinya dapat menghiasi akun media sosial kamu semakin ciamik.

Bagi yang mengajak keluarga khususnya anak-anak kecil, tidak perlu khawatir mereka akan bosan, sebab di Jember Mini Zoo ini juga tersedia taman playkid seperti ayunan, perosotan, dan lainnya yang sangat menyenangkan.

 Setelah berkelana di area pemandangan satwa, taman kelinci, dan taman bermain. Di kawasan Jember Mini Zoo juga terdapat sebuah danau yang tidak boleh dilewatkan begitu saja untuk dinikmati. Selain pemandangannya indah dan sejuk, di danau tersebut pengunjung bisa bersantai sambil mendayung perahu dan bebek sepeda air. Keduanya dapat disewa di lokasi ini dengan harga murah meriah lho.

Apabila kamu merasa lapar dan ingin melepas kepenatan setelah berkeliling di area wisata Jember Mini Zoo. Tempat ini juga menyediakan tempat yang cozy dan unik karena terdapat tempat tongkrongan di rooftop yakni café dan resto rooftop Mendjangan. Banyak beberapa menu pilihan yang disediakan di café dan resto ini, harganya pun sesuai kantong. Finally, sebelum menuju pintu keluar tepat di bawah rooftop café dan resto ada mini market yang menyediakan oleh-oleh dan souvenir cantik yang bisa dijadikan buah tangan saat pulang. Berbagai jenis boneka satwa menjadi pilihan salah satu di sana. So, tinggal memilih lebih suka yang apa?

Well, itulah ulasan tentang wisata terbaru yang sedang melanda asmara masyarakat Jember. Ternyata, bukan hanya jatuh cinta saja kan yang dilanda asmara, hehehe. Penasaran sama tempat satu ini? Langsung aja meluncur ke TKP ya ….

Semoga review ini bermanfaat dan jangan lupa sempatkan untuk hunting ke tempat ini bagi yang berkunjung ke Jember ya. InsyaAllah, tidak akan rugi! Semoga pandemi lekas berakhir agar kekhawatiran kita saat berlibur juga bisa hilang dalam diri. Bagaimana dengan di kota kamu nih? Adakah tempat wisata baru juga? Yuks, share di kolom komentar ya….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar